Breaking

Monday, 12 February 2018

Last Updated 2018-02-12T02:11:02Z

Tempat Wisata Tangkuban Perahu Bandung l Sejarah l Harga Tiket

SEJARAH

Dayang sumbi sebagai ibunya sangkuriang.
Sangkuriang sebagai anaknya.
Anjing(dikutuk) bernama tumang sebagai ayahnya menurut dalam legenda/cerita.

Tangkuban perahu yang memiliki sejarah legendaries dari nenek moyang kita atau warisan dari leluhur, sedikit ulasan mengenai sejarah yang masih melekat di masyarakat sekitar tangkuban perahu.

Hidup seorang wanita di hutan belantara, memiliki seorang anak laki-laki dan seekor anjing yang bernama tumang, menurut dalam legenda atau cerita situmang itu adalah bapaknya sangkuriang. Hingga suatu hari sangkuriang dan di temani tumang berburu di hutan,  dengan tidak mendapatkan buruannya sampai sangkuriang tidak ingin membawa kecewa terhadap ibunya, sangkuriang menjadikan tumang sebagai buruannya. Singkat cerita hingga ibunya yang bernama dayang sumbi mengetahuinya, bahwa tumang telah dihabisi/dijadikan buruannya, lalu marah hingga melemparkan sebuah batu dan kena pada area kepalanya dan sangkuriang diusir dari rumahnya.

Dayang sumbi pun menyesal karena telah mengusir sangkuriang padahal ia anak satu-satunya.  Dayang sumbi berdoa untuk meminta supaya di panjangkan umurnya karena ingin bertemu sangkuriang yang sudah diusur.

singkat cerita, dayang sumbi dan sangkuriang bertemu walaupun satu sama lain tidak mengetahuinya, kecuali dayang sumbi(ibunya sangkuriang) mengenali dari luka di kepalanya sangkuriang. Dan sangkuriang ingin menikahinya.

Dayang sumbi meminta persyaratan yang jauh dari kemampuan sangkuriang, ia meminta membuatkan perahu yang besar sampai satu hari.  Karena tidak terwujudnya persyaratan tersebut, lalu sangkuriang marah hingga menendang perahu dan menjadikan sejarah tersebut.


TEMPAT WISATA

Gunung tangkuban perahu kini sudah menjadi sebuah tempat wisata di bandung yang banyak membludak, oleh sebab itu tempat yang mulai ramai dan banyak wisatawan dari mancanegara. Dengan terawat dan terjaga oleh pengelola gunung tangkuban tersebut.

Sekitar yang bersih dan terjaga, sebaiknya jika anda berkunjung menggunakan jaket yang tebal karena udara sangat dingin. Pada hari libur panjang sangat banyak wisatawan dari mancanegar untuk itu harga tiket agak berubah dari biasanya. Tempat wisata di garut setelah dibandung provinsi jawa barat.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke tangkuban perahu terlebih dahulu membeli tiket, berikut harga tiket masuk:

Hari Biasa

Rp. 15.000 – 20.000 untuk wisatawan lokal.
RP. 100.000 – 200.000 untuk wisatawan mancanegara

Hari Libur

Rp. 22.500 – Rp.30.000 untuk wisatawan lokal
Rp.150.000 – Rp. 300.000 wisatawan mancanegara

Namun itu semua akan berubah-ubah dalam masa waktu.