Statistik media sosial remaja
       ·         91% anak usia 16-24 tahun menggunakan internet untuk jejaring sosial
     ·         Penggunaan media sosial dikaitkan dengan meningkatnya tingkat kecemasan, depresi dan kurang tidur
     ·         Media sosial telah digambarkan lebih adiktif daripada rokok dan alkohol

Efek negatif media sosial
Kecemasan & depresi:
Penelitian menunjukkan bahwa orang muda yang menghabiskan lebih dari 2 jam per hari di media sosial lebih cenderung melaporkan kesehatan mental yang buruk, termasuk tekanan psikologis (gejala kecemasan dan depresi).

Tidur:
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan penggunaan media sosial memiliki hubungan yang signifikan dengan kualitas tidur yang buruk pada orang muda. Menggunakan ponsel, laptop, dan tablet di malam hari sebelum tidur juga dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk.

Efek positif media sosial
Akses ke info kesehatan ahli:
Jejaring sosial menawarkan kepada orang muda yang mungkin menderita masalah kesehatan mental kesempatan untuk membaca, menonton atau mendengarkan, dan memahami, pengalaman kesehatan orang lain - menghubungkan mereka kembali ke kenyataan mereka sendiri.

Dukungan emosional:
Percakapan di media sosial dapat muncul dan memberi orang muda interaksi penting untuk mengatasi masalah kesehatan yang sulit, terutama bila mereka mungkin tidak memiliki akses terhadap dukungan tatap muka.

Membangun komunitas:
Aspek membangun komunitas media sosial juga sangat positif bagi banyak kaum muda. Dengan bergabung dengan 'kelompok' atau 'halaman', orang muda dapat mengelilingi diri mereka dengan orang-orang yang berpikiran sama dan berbagi pemikiran atau masalah mereka.

Ekspresi
diri : Ekspresi diri dan identitas diri merupakan aspek penting perkembangan sepanjang masa remaja. Media sosial dapat bertindak sebagai platform efektif untuk ekspresi diri yang positif, membiarkan remaja mengemukakan gagasan terbaik mereka.

Membangun hubungan:
Ada bukti yang menunjukkan bahwa persahabatan remaja yang kuat dapat ditingkatkan dengan interaksi media sosial, yang memungkinkan kaum muda untuk menciptakan ikatan yang lebih kuat dengan orang-orang yang sudah mereka kenal.

Apa yang bisa dilakukan orang tua agar anak mereka selamat dari dampak negatif media sosial?
Ajarkan kepada siswa bahwa media sosial dapat dan harus dimanfaatkan sebagai alat untuk kebaikan
Pastikan anak Anda dilengkapi dengan keterampilan yang relevan untuk bisa menavigasi media sosial
Pertimbangkan untuk bergabung dengan Universitas Parent untuk mendapatkan video yang dapat Anda tonton bersama anak-anak Anda. Video ini akan memulai dialog sehat yang akan membuat mereka tetap aman dan cerdas secara online
Ingatkan siswa bahwa mereka selalu bisa datang kepada Anda atau orang dewasa yang tepercaya jika mereka membutuhkan pertolongan
Bila Anda siap untuk anak Anda online, baca halaman Panduan Aplikasi Orang Tua kami untuk mengetahui bagaimana remaja dapat menggunakan media sosial dengan aman




Artikel Lainnya:



Share this