Jaket Kulit Garut, Produk Incaran Wisatawan Di Garut


Selain wisata alam, kota Garut juga memiliki berbagai produk khas seperti; jaket kulit garut, dodol garut, domba garut, batik garutan, sampai dengan jeruk garut.

Nah disini saya coba ulas dikit tentang jaket kulit Garut aja ya.

Jaket Kulit Garut

Produk jaket kulit Garut asli sudah cukup memiliki nama. Banyak penggemar jaket kulit yang menyebutkan kalau produk jaket kulit asli Garut berkualitas baik, dan harganya juga masih reasonable lah.

Produk jaket yang dihasilkan juga beragam. Mulai dari jaket casual untuk pemakaian sehari-hari sampai dengan jaket khusus motor/biker.
Pusat Jaket Kulit Garut
Ada satu wilayah khusus yang menjadi pusat jaket kulit Garut, tempatnya di Sukaregang. Lokasinya ngga terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 3 KM dari pusat kota garut saja.
Disini kita bisa menemukan jejeran toko yang menjual berbagai jenis dan model jaket kulit. Tidak hanya jaket sih, ada juga produk lainnya seperti tas, dompet, ikat pinggang, sarung tangan, dan lain sebagainya. Pokoknya hampir segala aksesoris yang berasal dari kulit ada disini. Banyak pengrajin jaket kulit Garut yang sengaja membuka gerai penjualannya di area ini.

Sebagai sentra jaket kulit Garut, tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke kota ini secara khusus datang berbelanja oleh-oleh di sini.

Harga Jaket Kulit Garut

Harga jaket kulit Garut cukup beragam; Mulai dari Rp 1.000.000 sampai dengan lebih dari Rp 2 juta juga ada. Tentunya tergantung dari model, bahan, dan proses finishing dari jaket tersebut.

Jika berbelanja disini, jangan takut buat tawar menawar ya. Kadang harga awal yang diberikan cukup mahal, tapi setelah tawar menawar bisa turun cukup lumayan.

Jika perlu masukin aja toko-toko di sentra pengrajin kulit di sukaregang ini, sampai menemukan harga yang cocok. Sering kali tiap toko memiliki harga yang berbeda untuk produk yang hampir sama.

Intinya, coba tawar menawar harga aja sampai dapet harga yang cocok.

Penentu kualitas

Kualitas bahan dasar kulit ditentukan saat proses pengolahan yaitu kolaborasik cara manual dan memakai mesin. Sekalipun bahan kulit berasal dari luar Garut, proses produksi tetap menjadi penentu kualitas dan popularitas tas kulit Sukaregang.
Ada beberapa tahap pengolahan kulit yang dilakukan secara manual untuk menghasilkan kualitas tas kulit yang lebih lentur namun tetap kuat sekalipun terpanggang terik matahari.
Soal warna, pengerjaannya dilakukan secara manual dengan dicat menggunakan campuran bahan kimia tertentu sehingga warna tahan lama. Jika perawatan produk berbahan dasar kulit rutin dilakukan sebulan sekali, ketahanan dan kualitas produk bisa terjaga. 

Share this