Wisata Ke Situ Bagenit Garut

Sejarah Situ Bagenit Disebuah desa/kampung ada seorang wanita yang sangat kaya raya. Dengan kepemilikan sifat yang begitu sangat-sangat pelit dan kikir. Oleh sebab itu sebagian warga yang memberikan julukan wanita endit(Nyi Endit). Semakin memutarnya waktu semakin juga kekayaan semakin banyak, dengan cintanya terhadap harta dan tak sepeserpun digunakan, baik digunakan pribadi maupun untuk menolong orang lain.

Singkat cerita pada pertengahan hari yang begitu terik panasnya datanglah seorang kakek-kakek yang begitu terlihat lemah dan haus, meminta dikasihani untuk mendapatkan makanan dan minuman. Melihat dan mendengar suara rintihan seorang kakek, Nyi Ndit malah marah, sehingga kakak-kakek tersebut diusir dari depan rumahnya.

legenda Situ Bagenit Garut
Besoknya lagi kakek-kakek tersebut bergegas pergi ke Nyi Ndit namun apa yang dia dapat hanya mendapat kemarahan.  Ketiga kalinya pun sama seperti hari pertama dan kedua, dan kakak-kakek tersebut mengingatkan agar menolong orang yang kesusahan dan masih keras hatinya lalu diusir. dengan kesedihan dan sakit hati, mukanya berkaca-kaca kakek tersebut, ditancapkanlah sebuah tongkat di depan rumah halaman Nyi Ndit, dan kakek tersebut pergi entah kemana.

Lalu tongkat tersebut,  dipegang dan dicabut entah kenapa air keluar, lalu Nyi Ndit kaget dengan besarnya air yang keluar, Nyi Ndit malah menyelamatkan hartanya? Seketika mengenai rumah lalu berubah dengan drastis menjadi sebuah telaga, lalu telaga tersebut dinamakan situ bagenit yang diambil dari peristiwa tersebut.

 Situ Bagenit Menjadi Tempat Wisata

Wisata Situ Bagenit
situ bagendit yang tadinya dipenuhi dengan eceng gondok, pada tahun 1980-an melakukan pembersihan dan luasnya tidak kurang dari 125 hektar. Situ bagendit merupakan telaga/danau yang sekarang ini digunakan untuk tempat wisata, terletak di daerah garut jawa barat berlokasi kecamatan banyuresmi. Situ bagenit salah satu dari banyak tempat wisata di garut, yang cukup indah, bersih serta mempesona.

Dengan kualitas ruang lingkup yang baik dan bersih menjadikan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik, baik local maupun luar kota. Namun pada saat musim paceklik(musim kering) dengan hujan begitu lama tidak turun, malah situ bagenit ini dikabarkan mulai kekeringan dengan diiringi oleh musim panas.



Tolong Bagikan Ini

Masukan alamat Email