Hati-Hati Dengan Kecanduan Facebook


Kini sosmed yang bernama facebook, dengan pengguna hampir mencapai 2 miliar lebih di seluruh dunia, dan oleh sebab itu facebook menjadikan media sosial yang banyak pengguna dan terpopuler. Kalangan mulai dari remaja hingga orang tua pun sekarang ini menggunakan facebook.
Dan tak heran lagi untuk Negara Indonesia yang pengguna hamper mendekati 100 juta orang pengguna. Dan Negara Indonesia menduduki ketiga mengakses facebook terbanyak. Dan tak heran jumlah yang akan bertambah untuk kedepannya karena media social.
Namun untuk segi itu facebook akan memberikan yang terbaik atau tidak? Memberikan kehidupan yang akan lebih baik lagi jika pengguna facebook bertambah? Kualitas kehidupan akan meningkat untuk masa depan jika facebook bertambah pengguna?
Tidak ada yang menjawab pertanyaan tersebut secara pasti, dan kita dapat menjawab dengan contoh sederhana saja dari diri sendiri menggunakan facebook yang sudah lama tentunya.
Saya pribadi juga sudah menggunakan facebook hamper 8 tahun lamanya, namun yang ku dapat lebih banyak negatifnya ketimbang positifnya.
Dari segi positfinya “ya” mungkin dapat berkomunikasi dengan gratis karena sekarang ada free facebook, mendapatkan teman yang sudah lama tak bertemu, banyak tahu masalah orang lain karena mereka mempostingkan tentang masalah mereka di facebook.

Berikut ini dampak ngeri terhadap kecanduan facebook yang saya amati dan gejala negative dalam pengguna facebook.

facebook kecanduan


1.terlalu terbiasa dan sulit berhenti
Dengan terlalu lamanya menggunakan facebook akan membuat ketagihan dan kembali lagi menggunakan facebook, apalagi isi kontenya hanya itu-itu saja.
Faecebook sengaja di buat untuk membuat nyaman pengguna karena tempat nya iklan didalamnya yang tak mengganggu oleh sebab itu sumber penghasilan utama di adalah orang-orang, iklan yang terlihat oleh pengguna facebook.
Kalau orang berlama-lama dalam mengakses facebook maka semakin banyak pula penghasilan yang di dapatkan.

Bagi perusahaan sosmed tentunya ini sangat menjadikan keuntungan yang sangat besar, karena penghasilan yang diperoleh dari banyaknya yang melihat, namun untuk orang-orang yang berlama-lama pengguna facebook ada yang didapatkan?

2.waktu yang terbuang percuma
setelah facebookkan yang berlama-lama apa yang didapatkan?
Justru yang didapatkan hanyalah kerugian, dan dari ketagihan tersebut dapat kita simpulkan bahwa kerugian bagi diri sendiri.
Waktu yang digunakan untuk beralih ke facebook dan rasa itu sangat membuat sia-sia aplagi berlama-lama tanpa tujuan dan arah yang jelas.
Waktu yang tadinya diperlukan untuk membuat artikel dan dengan rasa kecanduan tersebut malah menjadikan yang kurang produktif sepeerti baca status, like status, komen, dll.

3. menciptakan rasa depresi yang berlebih
Pengguna facebook hanya akan terlihat dari psikologi yang sangat berlebihan contohnya depresi yang berlebih, sisi yang jelek akan terlihat saat menggunakan facebook, apalagi dengan facebook di hp itu malah akan meningkatkan rasa malas yang lumayan besar. Terkadang melihat mereka lebih dibandingkan dengan diri sendiri.
Contohnya pengguna facebook yang lainnya, mengupload foto kemesraannya dan yang melihatnya pun entah anak-anak atau remaja yang belum menikah, memang hal itu akan membuat mereka depresi berat.

4.pengen terlihat dan suka pamer
Tentunya pengguna facebook sering ingin terlihat oleh orang-orang atau pengguna facebook yang lainnya, terkadang mereka upload sejumlah uang, kemesraan yang parah dan lainnya, tapi hal itu tidak bolehkan dalam pandangan agama islam. Memang prilaku hal ini akan membuat ahlak yang kurang baik.

5. berkurangnya komunikasi secara langsung
Kita sering melihat kalau teman yang asik sendirian itu bisa jadi facebookan, atau melihat foto sehingga komunikasi secara langsung dapat dialihkan.  Kadang-kadang kita lagi kumpul bareng dan sebagaian orang bermain hp.
Untuk remaja atau anak-anak jangan hilang bersosialisasi dengan teman atau orang lain, sehingga mudah dalam pergaulan yang baik dan benar

Sebenarnya facebook itu tidak seburuk yang dipikirkan, namun untuk hal ini jangan berlebihan dalam menggunakan fasilitas sosmed tentunya facebook ini. Kembali lagi kepada kita harus terkendali dalam menggunakan facebook.

Tolong Bagikan Ini

Masukan alamat Email